Selasa, 26 Maret 2013

Cuap Cuap

Halo readers semua,, ketemu lagi ketemu lagi,hiihihhihii( readers : aneh?). kali ini admin mau share tentang pengalaman pribadi admin waktu admin PPL dan KKN nie. Sebenernya ini lebih banyak ke foto-foto sie tapi sebelum itu admin pengen cerita sedikit ya. 

Tahun 2012 kemarin admin melaksanakan (wuw) PPL dan KKN dari sana admin banyak sekali mendapatkan pelajaran dan pengalaman. oya admin jelasin dulu kalau admin sekarang lagi kuliah di STKIP PGRI lubuklinggau dan sekarang sudah semester 8. waktu admin PPL dmin banyak sekali mendapatkan pelajran dan pengalaman yang lebih, admin akhirnya tau bagaimana rasanya berhadapan langsung dengan siswa, cara mengajar, dan cara menghadap siswa. dan setiap siswa ternyata memang memerlukan perhatian lebih dari kita. Memang admin mendapatkan pelajaran di tempat admin kuliah untuk bagaimana caranya kita mengajar dan lain-lain tapi ketika kita benar-benar terjun kelapangan, rasanya memang benar-benar berbeda. Waktu terakhir masa admin mengajar disana, admin meminta kritik dan saran ke siswa-siswa admin dan yang membuat admin selalu ingat adalah ada salah satu siswa admin yang mengatakan kalau admin terlalu terfokus untuk beberapa siswa. akhirnya admin sadar ternyata selama ini admin terlalu terfokus pada beberapa siswa dan akhirnya yang lain merasa terabaikan. admin sangat menghargai atas apa yang dikatakannya, hal ini bisa menjadi pelajaran bagi admin untuk tidak melakukan hal ini lagi.

 Dan waktu admin KKN pun begitu admin medapatkan banyak pengalaman, karna ketika disana kami semua (kelompok admin) harus merasakan bagaimana rasanya hidup didesa yang masih bisa dibilang sangat terisolasi. Disana belum ada listrik, juga jalanan belum tertutupi aspal sehingga ketika hujan datang otomatis jalanan kami akan becek, disana kami juga tidak mendapatkan toilet sehingga kami membuat jamban seadanya. diantara peserta KKN yang lainnya tempat kamilah yang terparah pada tahun itu. Yang admin sangat sangat tersentuh adalah para siswa disana. para siswa disana mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar beda dengan dikota. Padahal disana hanya ada Sekolah Dasar dan tempatnya pun cukup memprihatinkan hanya ada tiga ruang kelas yang 1 ruangan itu digunakan untuk 2 kelas. didalam ruangan tersebut juga bisa dibilang tidak layak karna lantainya sudah pecah semua bolong-bolong. dan yang lebih memprihatikkan adalah papan tulis nya sudah hampir rapuh jadi ketika kami anggota KKN mau menulis harus hati-hati untuk tidak merusak papan tulisnya.

 Sedih rasanya ketika melihat masih ada sekolah yang seperti itu diindonesia. ketika kami menanyakan siapa yang ada di gambar yang kami pegang pun banyak yang tidak tahu itu siapa. Padahal sudah jelas kalau itu adalah presiden kita.  sebenarnya banyak hal lagi yang ingin admin ceritaiin tapi admin mau fokus pada satu maslah. admin heran anak-anak yang tinggal dikota sangat beda jauh keinginannya untuk belajar dengan siswa yang ada di tempat admin KKN. siswa yang admin temui di KKN sangat bersemangat untuk mengetahui apa saja yang kami ajarkan, mereka selalu bertanya, rasa ingin tahu mereka sungguh besar.  Padahal jika dilihat dari fasilitas, fsilitas yang mereka miliki sangatlah minim tapi mereka mempunyai kenginan yang kuat untuk tahu sebaliknya dengan anak-anak yang mempunyai fasilitas yang memadai, rasa ingin tahu mereka jelas beda jauh. Satu lagi yang admin ingin ceritakan, anak-anak yang admin temui ketika admin KKN adalah mereka harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk bisa sampai kesekolah. Mereka harus menempuh jarak mungkin lebih dari 2 km untuk mencapai sekolah mereka dengan berjalan kaki, perjuangan mereka akan lebih berat lagi ketika hujan turun, mereka harus melepas sepatu mereka dan menjinjingnya dan melewati tanah yang basah dan becek untuk sampai disekolah terkadang mereka terpaksa tidak sekolah karna hujan yang terlalu lebat sehingga jalanan tidak bisa dilewati.  tapi ketika mereka sudah sampai disekolah mereka menampilkan senyum yang membuat kita merasakan seakan-akan perjuangan mereka itu tidak apa-apanya.

 Admin menceritakan hal ini hanya untuk berbagi cerita dengan readers semua kalau disini masih ada yang harus menempuh jalan itu dan admin menyaksikan hal itu sendiri. Admin saja mungkin tidak akan sanggup untuk melakukan hal itu setiap hari, tapi mereka bisa. admin pernah beberapa kali dengan teman-teman admin melakukan hal seperti diatas berjalan menyusuri hutan untuk mencapai Tk yang berada didesa lainnya, itu memakan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai disana dengan berjalan kaki dan itu sangat melelahkan tapi mereka melakukan hal itu setiap hari. 


Ini admin punya beberapa video waktu KKN, waktu kami mau pulang malam hujan jadi pas paginya jalanannya becek dan alhasil mobil kami terus mengalami kesulitan, sehingga kami harus mendorongnya.


video
video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar