Sabtu, 08 Februari 2014

{FINAL} Sinopsis Prime Minister and I Episode 17

Prime Minister and I
Da Jung terihat lega ketika akhinya ia bisa menemukan Yool. Da Jung bilang kalau ia khawatir pada Yool setelah mendengar kalau Yool mengundurkan diri tapi sekarang ia lega karna Yool baik baik saja, Yool yang mendengar hal itu lalu bertanya pada Da Jung apa da jung datang kesini jauh jauh hanya untuk menanyakan hal itu.

Da Jung akan berbalik pergi tapi kemudian Yool memanggilnya.
 "Nam Da Jung Siii.... kau...... apakah kau bisa hidup tanpaku?"

Yool dan Da Jung berjalan jalan bersama, Yool bercerita " Dulu aku sempat berfikir bahwa hidupku akan lebih baik jika hidup tanpa melihatmu. dan aku juga berfikir "ya benar. waktu yang kuhabiskan lebih banyak  disaat aku tak mengenalmu dibandingkan aku mengenalmu sekarang jadi menurutku itu tidak akan sulit" tapi memikirkan disaat saat aku tidak bisa bertemu denganmu aku merasa tidak yakin"

Yool melanjutkan, "kalau aku belum bertemu denganmu, mungkin aku akan sangat takut dengan waktu tapi memang benar aku jadi tidak lagi percaya dengan waktu dan aku benar benar takut"
da jung menghentikan langkahnya mendengar ucapan Yool begitu juga dengan Yool, Yool menatap da jung lalu bilang "aku merindukanmu"
Sementara itu Na Young terlihat begitu terpukul setelah bertemu dengan anak anaknya terutama Woo Ri, 
Flashback
Saat Na Young secara tidak sengaja bertemu dengan anak anaknya, Woo Ri yang kaget melihat ibunya menyerukan "Ibu" Na Ra yang melihat Na Young hanya bisa melihatnya seperti mengingat sesuatu sedangkan Man Se ia mengenali Na Young sebagai ahjumma yang sering mengunjunginya.
Man Se menghampiri Na Young dan menyebutnya ahjumma, Man Se tanya apa yang dilakukan Ahjumma disini. Na Young yang belum siap bertemu dengan anak anaknya hanya bisa diam tidak bisa menjawab Man Se, Na Young hanya bisa menatap Woo Ri.

Na Ra walaupun ketika ia ditinggalkan oleh Na Young ia masih balita, ia sepertinya masih mengenali wajah ibunya sendiri, Na Ra yang masih melihat wajah Na Young bilang pada kakaknya, kalau ahjumma yang ada di depan mereka ini mirip dengan ibu mereka.
Woo Ri yang sedari tadi tidak melepaskan matanya dari Na Young menjawab Na Ra denan bilang, "apa yang kau katakan? siapa yang mirip? ibu kita sudah meninggal.

Na Young yang mendengar hal itu hanya bisa memejamkan matanya. Woo Ri lalu menghampiri Man Se sambil masih menatap Na Young "jika ibu kita masih hidup, ia tidak akan diam saja. dia pasti langsung mendatangi kita"

dengan mata yang berseri seri Woo Ri lalu mengajak adik adiknya pergi meninggalkan Na Young, sendiri.
FlashBack End

Yool mengantar Da Jung sampai RS, Da Jung menyuruh Yool untuk pulang tapi Yool bilang kalau ia sudah berada disini jadi lebih baik ia menyapa ayah da jung dulu. Da Jung yang mendengar hal itu tersenyum, Yool lalu bilang kalau sebaiknya tadi ia membeli sesuatu untuk ayah da jung, kan nggak enak kalo cuma datang tapi dengan tangan kosong.

mendengar hal itu Da Jung kembali tersnyum ia lalu bilang kalau Yool sudah sering kesini dan hal itu sudah membuat ayahnya senang,.
Saat Da JUng dan Yool masuk kekamar ternyata ayah da jung sedang tidur. Da Jung berusaha membangunkan ayahnya tapi Yool bilang kalau lebih baik ia pulang saja, biar ayah da jung istirahat. tapi da jung bilang kalau Yool sudah jauh jauh kesni jadi lebih baik ayahnya bangun sebentar. 

Da Jung kembali memanggil ayahnya untuk bangun tapi ayahnya hanya diam saja tidak bergerak sama sekali. melihat hal itu Da Jung langsung waspada, ia melirik Yool begitu juga Yool. Da Jung lalu dengan hati berdebar berusaha membangunkan ayahnya kembali tapi lagi lagi ayahnya tidak merespon. Da Jung yang panik langsung berlari ke luar memanggil dokter.
Dirumah suasana begitu hening, hanya Man Se yang terus melirik kesana kemari melihat para kakak kakaknya yang terdiam membisu. Man Se lalu berusaha memecahkan suasana dengan bertanya siapa sebenarnya ahjumma yang mereka temui tadi, yang wajahnya mirip dengan ibu mereka.

Na Ra yang mendengar hal itu merespon bahwa wajah mereka memang benar benar mirip. Woo Ri yang mendnengar hal itu terlihat kesal ia berteriak pada Na Ra, "mirip? siapa bilang mirip?" 
"Kwon Na Ra, kau bahkan tidak bisa mengingat wajah ibu?"
Na Ra yang mendengar hal itu kesal ia bilang pada kakaknya mengapa ia bisa sampai tidak ingat? ia ingat betul wajah ibunya. Na Ra bilang kalau ia ingat ketika ibu mereka membuatkan ia sweater, mengepang rambutnya, bernyanyi saat bermain piano, ia ingat betul itu, ia ingat semua tentang ibu mereka.
Woo Ri yang mendengar hal itu tidak kalah kesal dan marahnya, Woo Ri bilang apa dengan melihat wajah seseorang yang sangat mirip dengan wajah ibu mereka, maka orang itu adalah ibu mereka? dia itu bukan ibu kita, tidak mirip sama sekali, tidak sekalipun, setelah mengatakan hal itu Woo Ri pergi dengan kesalnya.

sedangkan Na Ra yang juga kesal hanya melirik sinis pada kakaknya, ia kesal kenapa kakaknya malah marah padanya, setelah itu Na Ra pergi meninggalkan Man Se yang sedih melihat kakak-kakaknya yang membahas tentang ibu mereka sedangkan ia sama sekali tidak mengingat dan punya kenangan dengan ibunya.
Setelah memeriksa keadaan ayahnya dokter bilang kalau terjadi peningkatan tekanan darah di dalam otak dan itu menyebabkan ayah da jung akhirnya pingsan dalam tidur nya tapi sekarang da jung tidak perlu khawatir karna semuanya sudah membaik.

mendengar hal itu da jung tampak lega, da jung baru menyadari kalau yool ada disampingnya ketika Yool memegang pungungnya. da jung lalu meminta yool untuk pulang saja karna anak anak pasti sedang menunggu. Yool bilang kalau ia akan menemani da jung malam ini, dan da jung tidak perlu khawatir karna ia sudah bilang ke ahjummoni kalau ia tidak akan pulang malam ini.
Joon ki sedang menyusun rencana agar Na Young bisa bertemu dengan anak anaknya, ia akan menemui Woo Ri dulu dan membicarakannya agar Woo Ri mau bertemu dengan  Na Young. Na Young yang ada disitu hanya tertunduk lemah ia lalu bilang pada Joon Ki kalau ia sudah bertemu dengan anak anaknya.

Mendengar hal itu Joon ki kaget begitu juga Yoon He, ia tanya dimana dan bagaimana Na Young bertemu dnegan mereka. Na Young yang mendnengar hal itu terlihat merenung, 
"Woo Ri yang.......melihatku dan seolah dia ingin aku mendengarnya bahwa "ibu sudah mati""

Joon ki dan Yoon He yang mendengar hal itu kaget sementara Na Young terus melanjutkan ceritanya dengan lemah,  "kalau ibu masih hidup, dia pasti akan menemui kita. itu katanya" 

Na Young lalu menatap kakaknya ia bilang kalau hal ini tidak perlu dibicarakan lagi, mendengar hal itu joon ki marah ia bilang pada Na Young apa sejak awal Na Young berfikir bahwa mereka akan langsung menerima NA Young degan lapang dada? apa Na Young mencoba bertemu mereka tanpa berfikir hal itu akan terjadi?.

Yoon He yang mendengar hal itu bilang ke suaminya mengapa suaminya marah pada aggasi(Na Young). Joon Ki bilang bagaimana ia tidak marah pada Na Young, ini baru permulaan saja, Na Young tidak boleh menyerah begitu saja, Na Young harus kuat, jika tidak Na young tidak akan pernah bisa kembali seperti dulu.
Yoon He berusaha menenangkan Na Young dengan bilang jangan mendengarkan kata kata suaminya ia hanya kecewa pada Na Young. NA Young yang mendengar hal itu tersenyum menangis, ia tau kalau hal ini akan terjadi tapi sungguh ia tidak ingin kembali seperti dulu, ia hanya berfikir alangkah indahnya jika ia bisa bertemu anak anaknya lagi, ia tidak berharap lebih.
Na Young lalu bilang apa mungkin Woo Ri membencinya? Yoon he yang mendengar hal itu bilang kalau itu tidak mungkin karna Woo Ri begitu menyayangi ibunya. Yoon He lalu kaget, apa mungkin PM sudah memberitahukan ini semua pada Woo Ri, bahkan juga tentang kang So Ho?.
Paginya ayah da jung akhirnya bangun, da jung yang melihat hal itu tanya apa ayahnya mengenali dirinya. ayah da jung yang mendengar hal itu bukannya menjawab pertanyaan anaknya malah tanya apa menantunya tidak pergi kerja.
Da Jung mengantar Yool untuk pulang, Yool lalu bilang kalau da jung tidak perlu mengantarnya. da jung lalu berterima kash pada yool karna sudah menjaga ayahnya semalaman. Yool tersenyum ia bilang kalau ayah da jung juga ayahnya, Yool juga bilang ke da jung untuk kembali kedalam makan yang teratur dan tidak usah berfikir yang macam macam ia akan menelpon da jung nanti.
Pagi ini ayah da jung tidak memanggil dokter yang merawatnya dengan panggilan Yeobo, ia memanggil dokter itu dengan sebutan dokter Na. Dokter yang mendengar hal itu tanya apa ayah da jung mengenali dirinya sekarang sebagai siapa? ayah da jung mengangguk ia bilang setelah ia tidur panjang tadi malam pikirannya sekarang terasa begitu enteng, sudah lama ia tidak merasa seperti ini.

Ayah Da jung lalu tanya dengan dokter Na, berapa lama lagi ia akan bertahan hidup? mendengar hal itu dokter Na tidak menjawab diam. ayah da jung bilang lagi pasti tidak lama lagi kan, ia lalu tersnyum seakan mengerti atas bungkamnya dokter Na.
Da Jung ngambek dan mengoda ayahnya kalau ayahnya membuat ia hidup 10 tahun lebih cepat karna harus mengkhawatirkan ayahnya. ayah da jung yang mendengar hal itu hanya tersnyum, ia lalu meminta da jung untuk memberikannya buku jurnal yang kemarin, karna sekarang ia ingin menulis.

da jung merasa heran ia bilang kalau kemarin ayahnya malas untuk menulis tapi sekrang malah mau. ayah yang mendengar hal itu lalu bilang kalau ia sekrang ingin menulis itu karna cucu cucunya dan menantu kwon sudah datang jadi ia ingin menulis agar ia ingatannya tidak lupa. da jung tersenyum ia bilang kalau dokter Na bilang menulis sangat bagus untuk ayahnya.
Ayah da jung lalu meminta pena pada da jung, da jung mencari pena di tasnya dan ketika itu ia melihat kotak hadiah. ayah lalu bilang kalau itu dari anak anak, ia juga mendapatkan hadiah dari mereka bertiga.

da jung tersenyum melihat kado yang dberikan anak anak padanya, dan disana juga tertulis sebuah memo, ahjumma cepatlah pulang, lama lama Man Se akan membuatku terbunuh disini, seru Woo Ri didalam suratnya. Da JUng yang membaca surat itu hanya bisa tersenyum lalu seorang suster datang, ia bilang kalau dokter ingin bertemu dengan da jung.
tanpa sengaja saat ayah da jung mencari cari pulpen di dalam tas da jung, ayah da jung menemukan jurnal yang sama persis seperti dirinya, milik da jung. dan ayah da jung begitu terkejut ketika membaca jurnal atau diary da jung, yang salah satu isinya mengenai  nikah kontrak.
Da Jung mengirimkan teks singkat pada Woo Ri dengan ucapan terima kasih padanya, Man Se dan Na Ra karna sudah datang untuk menemuinya. 
Ayah Da jung sangat marah pada dajung tentang pernikahan kontrak yang dibuatnya, ia juga tanya apa maksud dari ibu anak anak masih hidup? da jung yang menndegar hal hanya bisa diam.
Na Young menuduh Yool mengatakan pada Woo Ri tentang hubungannya dengan Soo Hoo. ia marah pada Yool karna mengatakan semuanya pada Woo Ri padahal jika Yool tidak mengatakan semua itu pada Woo Ri maka Woo Ri dan anak anak akan kembali menerima ia sebagai ibu mereka. Yool yang mendengar hal itu awalnya tidak mengerti, tapi ia kemudian bilang kalau ia tidak mengatakan apa apa pada Woo Ri. mendengar hal itu Na Young terdiam, Yool kemudian tanya apa Na Young sudah bertemu dengan Woo Ri.

Na Young lalu berteriak pada Yool kalau Yool sudah berbohong, ia tidak percaya kalau yool belum mengatakan apa apa pada Woo Ri. dan kalau memang Yool belum mengatakan apa apa pada Woo i, maka Woo Ri tidak akan bertingkah seperti itu padanya, Woo Ri tidak akan mungkin bersikap seolah olah Woo Ri tidak mengenal dirinya.

Yool membela dirinya, ia bilang kalau Na Young sebenarnya tau kalau ia tidak berbohong, Na Young bersikap seperti ini karna Na Young khawatir, karna Na Young tidak bisa lagi mengambil hati Woo Ri. Yool lalu bilang kalau memang bukan waktu yang akan menyelesaikannya tapi Woo Ri ia butuh waktu, jadi sebaiknya Na Young bisa menunggu dengan sabar.

Na Young yang menyadari kalau ia hanya melampiaskan kekesalannya pada Yool lalu meminta maaf, karna ia sudah mengatakan hal hal yang tidak tidak. Na Young lalu berjalan pergi tapi kemudian Yool memanggilnya dan bilang kalau ia lupa untuk mengatakan hal yang paling penting yaitu "Terima kasih karna kau masih hidup. saat aku melihatmu lagi, aku ingin mengatakan hal ini"
Da Jung berusaha menghubungi Yool tapi tidak berhasil alhasil ia mengahadapi ayahnya sendirian. da jung berusaha merangkul ayahnya dan meminta maaf tapi ayah nya sudah terlalu marah, ia marah pada Da Jung yang membodohinya seperti ini, bagaimana bisa da jung melakukan kontrak pernikahan.
da jung berusaha menjelaskan kalau sekrang ia dan yool saling mencintai, mendengar hal itu ayahnya bilang apa dengan mereka saling mencintai semuanya akan selesai, bagaimana dengan ibu dari anak anak yang masih hidup? apa yang akan da jung lakukan?

da jung tidak bisa menjawab, ayah da jung lalu bilang lagi apa yang harus da jung lakukan sekrang, bagaimana bisa da jung membohongi semua orang dan bahkan dirinya, ayah da jung sendiri. da jung terdiam mendnegar ayahnya, ayah da jung lalu teringat, ia lalu bilang apa semua ini karna dirinya?

da jung terdiam, membuang wajahnya kesamping, tidak berani menatap ayahnya. ayah da jung yang melihat tingkah anaknya mengerti, bahwa ini semua memang karna dirinya, karna dirinya yang mempunyai penyakit yang serius.

da jung menangis, ia minta maaf pada ayahnya, ia yang salah tapi ayah kemudian bilang kalau da jung tidak salah, ini semua salah dirinya. jika ia sudah mati, da jung tidak akan seperti ini. sekrang ia malah melukai da jung.
Saat Da jung tidur, ayah da jung membuka salah satu jurnal dan menuliskan sesuatu disana.
In Ho dan Na Young bertemu diruang Soo Ho, In Ho lalu tanya bagaimana pertemuaan Na Young kemarin bertemu dengan Yool. Na Young yang mendengar hal itu bilang kalau yool memberitahukan hal ini padanya.

"terima kasih karna kau masih hidup"
Na Young menyadari sesuatu kalau sekrang setelah ia kembali menjadi Park Na Young, ia menjadi begitu serakah, ia ingin bertemu dan bersama anak anaknya lagi. tapi sekrang ia juga harus bersabar menunggu keajaiban, keajaiban ketika Woo Ri menerimanya kembali sebagai ibunya dan juga keajaiban ketika Soo Hoo sadar dan datang padanya. 

mendnnegar hal itu In Ho bilang kalau ia ingin mempercayai hal itu juga, benar benar ingin mempercayainya.
Da Jung menghubungi Yool untuk memberitahu bahwa ayahnya sudah mengetahui semuanya, tentang pernikahan kontrak bahkan tentang Na Young yang masih hidup. Yool yang mendengar hal itu berusaha menenangkan da jung, ia akan pergi kesana, mencoba menjelaskan apa yang terjadi.

setelah mengatakan hal itu Yool menutup telpon da jung, berfikir sedangkan tanpa Da Jung sadari sedari tadi In Ho sudah ada dibelakangnya mendnengarkan pembicaraan mereka.
Da Jung shock ketika ayahnya menyangka kalau ia baru saja pulang dari sekolah. ayah bilang ke Da Jung untuk bermain salju diluar. Da Jung yang mendengar hal itu tau kalau sekarang ayahnya mulai kehilangan memori ingatannya. 

ayah dengan masih bersemangat mengajak da jung untuk keluar dan bermain salju, da jung yang melihat ayahnya seperti itu, sepert tidak sanggup, da jung hampir menangis. da jung lalu bilang pada ayahnya kalau sekarang tidak ada salju.

ayah yang mendengar hal itu cemberut, ia bilang apa da jung tidak melihat salju yang berjatuhan diluar sana?, kemarin kan da jung kesal karna tidak ada salju dan sekarang saljunya sudah turun jadi lebih baik mereka keluar dan bermain salju, ia akan membuatkan da jung boneka salju yang begituuu besar.

da jung yang melihat tingkah ayahnya berusaha tabah, da jung lalu tersenyum dan bilang ayo kita keluar.
Da Jung membawa ayahnya keluar dengan kursi roda. ketika sampai diluar ayah langsung menengadahkan tangannya, menikmati salju yang turun. ayah bilang kalau salju yang turun begitu banyak dan ini sangat indah, ia begitu menyukainya.

da jung yang mendengar hal itu ikut menengadahkan kepala, dan melihat kalau sebenarnya tidak ada apa apa disana. ayah lalu bilang kalau da jung pasti juga menyukainya kan. da jung sambil menahan air matanya, tersenyum kalau ia juga menyukainya, sangat menyukainya.
Yool tiba dirumah sakit tapi ketika ia masuk kekamar, tidak ada seorangpun disana.
In Ho yang duduk di loby rumah sakit setelah mendnengarkan pembicaraan da jung dan Yool, bingung kenapa ayah da jung bisa mengetahui itu semua. Na Young berlari tergesa gesa menghampiri In Ho, ia bilang kalau Soo Hoo, sudah sadar.
In Ho yang kaget segera berlari ke kamar kakaknya, dari arah pintu In Ho memanggil nama kakaknya. kakak In Ho yang sudah sadar merespon In Ho dengan melirikkan kedua bola matanya kearah In Ho tanda ia mendengar In Ho.

In Ho yang melihat hal itu berusaha mendekat, air mata In Ho mulai berjatuhan, dan ia mulai bilang ke kakaknya apa kakaknya sekrang benar benar bisa mendengarnya?, apa kakaknya mengenal siapa dirinya?. kakak In Ho yang sudah sadar walaupun hanya bisa merespon dengan gerakan matanya akhirnya menangis, tanda ia memang benar benar bisa mendengar dan mengenali adiknya In Ho. Na Young yang sedari tadi diam ditempat menangis karna akhirnya Soo Hoo kekasihnya sadar.
Da Jung mengajak ayahnya untuk masuk kedalam karna udara semakin dingin. ayah yang mendengar hal itu bilang kalau sekarang da jung semakin cantik saja. orang yang akan menikahi da jung nanti pastilah sangat beruntung, ia jadi penasaran siapa yang akan menikah dengan da jung nanti, ayah juga bilang kalau ia berharap da jung akan mendapatkan orang yang akan hanya melihat dirinya, yang peduli padanya dan selalu ada untuk da jung. da jung yang mendnegar hal itu tersenyum ia bilang kalau akan ada orang yang seperti ayahnya katakan tadi.
Seseorang yang hanya selalu melihatnya dan memperhatikannya, seru da jung. ayah da jung lalu bilang kalau da jung pasti mndapatkan orang yang seperti itu. ayah da jung lalu mengenggam tangan da jung ia bilang disaat ia mengenggam tangan da jung seperti ini dan mereka menuju altar, ia ingin kalau dihari itu akan turun salju yang lebat seperti hari ini.

da jung yang mendengar hal itu lalu bilang pada ayahnya, apa ayahnya tidak ingat, hari dimana ayahnya mengantarnya ke altar adalah dimana pertama kalinya salju berjatuhan.

ayah da jung yang mendnengar hal itu hanya menatap langit tidak berkomentar sementara da jung terus melanjutkan perkataannya, "karna saat itu, seluruh dunia terlihat putih dan indah...............ayah yang hanya melihat ke atas langit lalu seperti terbayang dengan dimana saat ia mengenggam tangan da jung dan mengantarnya ke depan altar.
ayah tersenyum melihat bayangan atau ingatan itu, lalu senyuman itu lama lama pudar, perlahan namun pasti ayah menutup matanya dan seperti tertidur wajahnya terus merosot ke samping dan kemudian tangannya terjatuh terkulai dan didalam tidurnya ia pun tersenyum.

sementara da jung ia terus berbicara dan saat ia sadari, ia terus memanggil manggil nama ayahnya, da jung berusaha menahan air matanya.
Da Jung terus memanggil manggil ayahnya tapi ayahnya tetap tidak menjawab, ia terlalu lelap tertidur. dajung yang melihat ayahnya seperti itu akhirnya memeluk ayahnya menangis dan tepat pada saat itu Yool menemukan da jung dan ayahnya.

Yool yang melihat hal itu tertegun, ia tau apa yang terjadi saat ini..
Yool berada di depan abu ayah, walaupun tidak menangis, Yool terlihat begitu sedih, ia terus mengucapkan kata kata maaf pada abu ayah.
Da Jung sedang bersama anak anak, mereka semua berada disana setelah menaruh abu kakek mereka. Man Se terlihat sedih, ia tanya pada da jung apa mereka tidak bisa melihat kakek lagi?. da jung tersenyum ia bilang kalau Man Se masih bisa bertemu dengan kakek, ia akan hidup di hati man se, jadi jika Man Se rindu padanya katakan saja kalau man se rindu. Man Se yang mendengar hal itu terlihat gembira.
sedangkan Na Ra dan Woo Ri yang sudah lebih dewasa mengerti apa maksud dari semua ini, mereka berdua terlihat begitu sedih. 

Yool lalu menghampiri mereka, Yool menatap da jung begtu juga da jung lalu Yool meminta Woo Ri untuk membawa adik adiknya masuk kemobil terlebih dahulu.
Sesampainya diluar Na Ra tidak bisa lagi menahan tangisnya, ia bilang kalau kakek begitu baik padanya. Man Se yang masih lugu bilang ke kakaknya agar tidak menangis karna ahjumma da jung bilang kalau mereka merindukan kakek mereka, mereka masih bisa berbicara dan bertemudengannya melalui hati mereka.

Na Ra yang mendnengar hal itu sambil menangis bilang kalau Man Se itu bodoh, bagaimana bisa mereka melakukan hal itu. kakek mereka itu sudah meninggal, bagaimana bisa mereka bertemu dengannya dan kalau memang mereka bisa melakukan hal itu, berarti mereka juga bisa melakukannya degan ibu mereka yang sudah meninggal hah?

Man Se yang mendnegar hal itu terdiam, sementara Woo Ri seperti nya kata kata Na Ra masuk kedalam hatinya,
Man Se lalu bertamya pada kakaknya Woo Ri, apa benar mereka tidak bisa bertemu dnegan kakek mereka lagi. Woo Ri menjawab kalau mereka memang tidak bisa bertemu dengan kakek mereka lagi tapi mereka bisa bertemu dnegan ibu mereka.
Da Jung menyuruh Yool untuk pulang terlebih dahulu sementara ia, ia akan disini sebentar lagi. bukannya menuruti perkataan da jung yool malah meminta da jung untuk menangis saja, disaat seperti ini da jung memang seharusnya melepas kesedihannya.

da jung yang mendnengar hal itu lalu bilang apa ia punya hak untuk menangis. ia tidak apa apa jika ayahnya tiak memaafkannnya, tidak apa apa jika ayahnya membenci dan marah padanya tapi untuk mengantar ayahnya seperti ini.................. ia tidak sanggup.
Da Jung membereskan barang barang ayahnya yang ada dirumah sakit, ia lalu mengambil jurnal milik ayahnya..
Da Jung memberikan jurnal ini padaku, apa yang harus aku tulis? aku bermain Go Stop dengan menantu kwon, aku menang. 

hal yang tak pernah aku lupakan, ulang tahun Da JUng 15 agustus. 
Namaku Nam Yu Shik.

Nama Putriku , Nam Da Jung. Da Jung yang melihat namanya begitu banyak tertulis berulang kali didalam buku, tidak bisa menahan air matanya ia kembali menangis.
Woo Ri meminta ayahnya untuk mempertemukan dirinya dan ibunya. Yool tanya mengapa Woo Ri ingin bertemu dengan ibunya. Woo Ri lalu bilang kalau semua ini karna kakek, setelah kakek meninggal, ia rasa ia tidak mungkin lagi untuk bertemu dengannya. Woo Ri tidak ingin hal ini juga terjadi dengan ibunya, ia tidak ingin menyesal ketika ibunya sudah tiada ia baru akan menemuinya padahal hal itu sudah terlambat makanya sekarang ia ingin bertemu dengan ibunya.

Yool tersenyum, ia bilang kalau ternyata anaknya Woo Ri sudah dewasa sekarang. Yool lalu melihat kearah belakang Woo Ri. Woo Ri yang tau hal itu terlihat tegang untuk bertemu dnegan ibunya, Woo Ri menoleh kebelakang dengan perlahan.
Na Young dan Woo Ri berjalan saling mendekat, ada banyak perasaan yang berkecamuk di hati mereka. Woo Ri menyapa ibu nya secara formal ketika mereka berdua berdekatan. Na Young tidak bisa mengendalikan perasaannya, ia menangis melihat Woo Ri.
Na Young lalu mengusap air mata di pipi anaknya, Woo Ri yang diperlakukan seperti itu tidak bisa menahan air matanya lagi, ia menangis. Woo Ri lalu memanggil Na Young dnegan sebutan ibu sambil menangis keras.

Na Young yang mendnegar hal itu masih dengan menangis bilang kalau ia memang benar ibunya. Na Young lalu tanya apa boleh ia memeluk Woo Ri sekali saja? Woo Ri hanya diam tidak menjawab, Na Young langsung memeluk Woo Ri dengan erat, mereka berdua menangis bahagia.
sementara Yoon He, Joon Ki dan Yool yang melihat pertemuan anak dan ibu itu ikut terharu,
Yool berbicara pada Joon Ki jika ia akan mempertemukan Na Ra, Man Se dengan Na Young nanti mereka masih kecil jadi tidak terlalu sulit untuk mempertemukan mereka. Joon Ki yang mendnengar hal itu mengerti, Joon Ki lalu bilang ke Yool untuk melupakan apa yang sudah ia katakan tentang untuk menerima na young kembali, Joon Ki juga dengan malu malu meminta maaf pada Yool atas apa yang sudah ia lakukan selama ini, ia sudah begitu jahat pada Yool.

Yool yang mendnengar hal itu tertawa lalu mengoda Joon Ki kalau hal itu sepertinya tidak akan mudah. mendnengar hal itu keduanya lalu tersnyum. Joon Ki lalu bilang lagi ke Yool apakah mereka berdua bisa kembali seperti dulu.

Yool bilang kalau hal itu sepertinya akan sulit, biar waktu saja yang akan menjawabnya karna sebelum ini mereka adalah teman. 

Yool lalu memberikan nasihat pada Joon Ki, ia meminta Joon Ki untuk tidak membuat orang yang ada disampingnya sedih, ia tidak ingin Joon Ki melakukan kesalahan yang sama seperti dirinya.
Boss Go dan Hee Chul terlihat sedih atas apa yang terjadi pada Da JUng, ayahnya meninggal dan PM mengundurkan diri. Boss Go lalu berfikir jika PM menngundurkan diri dan jadi pengguran bagaimana dengan Nam Da Jung mereka? apa mereka perlu menariknya kembali?

Da Jung yang entah dari kapan berdiri disitu dengan membawa kardus besar lalu bersuara, ia bilang kalau ia tau jika mereka akan menghawatirkannya, boss Go dan Hee chul yang mendnengar suara da jung kaget dan terlihat senang. da jung berterima kasih pada boss Go dan Hee Chul yang sudah datang kepemakaman, ia juga minta maaf karna tidak bisa menyalami keduanya dengan baik karna waktu itu begitu ramai.
Da Jung lalu mengutarakan maksud kedatangannya kesini, ia ingin menitipkan kardus besar yang ia bawa untuk sementara waktu disini. Hee Chul yang mendnegar hal itu lalu tanya memangnya Da Jung mau pergi kemana.
 
sebelum pergi da jung berpamitan pada In Ho, ia bilang kalau ia akan pergi keluar kota, ia ingin mengunjungi tempat dimana ia dan ayahnya ingin pergi kesana. In Ho lalu tanya apa da jung akan pergi sendirian? da jung tersenyum, ia bilang kalau ia akan pergi dengan ayahnya.

da jung lalu memberikan selamat pada In Ho karna kakaknya sudah sadar. In Ho yang mendnnegar hal itu hanya tersenyum pahit, ia bilang apa ia bisa menerima hal itu sementara ayah da jung baru saja meninggal.

mendengar hal itu da jung lalu bilang kalau hal ini adalah suatu keajaiban, ketika ayah nya pergi, kakak In Ho sadar. In Ho lalu bilang lagi kalau semua ini adalah hadiah yang diberikan ayah da jung sebelum meinggal dan hadiah ini disebut sebagai keajaiban.

In Ho lalu tanya berapa lama da jung akan pergi dan apa da jung sudah memberitahu Yool tentang kepergian da jung ini, da jung menjawab dengan tersenyum kalau ia belum tau kapan ia akan kembali, ia juga sama sekali belum memberitahu yool. In Ho yang mendnengar hal itu lalu bilang kalau Yool pasti akan sangat khawatir sampai hari dimana da jung kembali lagi kesini.
Yool terdiam melihat papan namanya sebagai PM, sepertinya ini adalah hari hari terakhir ia sebagai perdana mentri. In Ho datang ia mengabarkan bahwa anak anak dan ahjuma sudah sampai dirumah dengan selamat, in ho lalu tanya apa Yool akan langsung pulang kerumah atau yool mau kerumah dinas dulu.

Yool bilang karna ini hari terakhir maka ia akan pergi kerumah dinas dulu. In Ho lalu bilang pada Yool apa yool sudah tau kalau da jung akan pergi ke luar kota?
Yool yang mendnegar hal itu menoleh pada In Ho berfikir. In Ho yang melihat reaksi Yool lalu bilang kalau ia sudah menduga kalau da jung belum mengatakannya pada Yool. In Ho lalu bertanya pada Yool apa ia harus menghentikan da jung pergi, karna ia yakin da jung hnya pergi seorang diri, bagaimana jika da jung tidak kembali dan.... belum selesai In Ho berbicara Yool sudah memotong.

ia mengingatkan In Ho tentang perkataan nya yang lalu ketika ia menikahi da jung, bhawa suatu saat ia akn menerima konsekuensi atas apa yang ia lakukan saat ini. Yool bilang entah kenapa perkataan itu tidak mau hilang dari ingatannya, memang benar apa yang In Ho katakan padanya bahwa bisa saja da jung tidak akan kembali tapi ia tidak bisa menghalangi da jung pergi karna itu adalah keinginannya sendiri.
Yool kembali ke rumah dinas, saat masuk ke halaman yang biasa ia dan da jung datangi, peristiwa peeristiwa antara ia dan da jung kembali tergiang, saat ia mengajarkan da jung     , saat da jung mengatakan kalau da jung menyukainya dan tidak akan pernah meninggalkannya sampai saat Yool meminta da jung untuk pergi dari sana.
Yool juga masuk ke ruang kantornya, disana pun sesuatu yang ia alami bersama da jung pun ada, terutama di kursi panjang, saat mereka pertama kali membuat kontrak pernikahan, saat da jung tersnyum menatapnya.
begitu pula saat di kamar, disetiap sdut ruangan itu hal hal yang pernah ia lakukan dengan da jung kembali teringat, di sofa, meja kerja maupun ditempat tidur. mengingat hal itu semua Yool pun tersenyum.
Ditambah lagi kejadian yang hanya da jung yang bisa melakukannya, saat da jung menyeruduknya hingga ia jatuh terlentang sampai saat mereka berdua harus tabrakan mulut.
Ya memang disetiap sudut rumah ini, semua peristiwa, kejadian yang ia alami semuanya melibatkan da jung dan semua itu sekarang sudah menjadi kenangan. saat Yool sedang memikirkan kembali tentang kenangan dirinya dan da jung secara tiba tiba da jung muncul tersenyum padanya.
Hye Joo sengaja menunggui In Ho, ia ingin bertemu In Ho dan mengajaknya minum, Hye Joo juga bilang kalau ia sudah mengundurkan diri pada Joon Ki. In ho yang mendnengar hal itu kaget, ia lalu tanya apa Hye Joo akan akan kembali bekerja pada PM. 

Hye Joo mengeleng ia bilang kalau ia akan memilih jalannya sendiri sekarang, mendnengar hal itu In Ho terlihat senang ia lalu memberi selamat pada Hye Joo. Hye Joo lalu bilang kalau sebenarnya ia kesini juga untuk mengajak Yool untuk minum minum.
In Ho yang mendnnegar hal itu lalu bilang kalau Hye Joo tidak bisa melakukan hal itu karna sekarang Yool sudah memiliki tamu yang lainnya. Hye Joo yang mendengar hal itu mengerti maksud In Ho.
"Ini hari terakhir mu dirumah dinas, bagaimana perasaanmu?"

"entahlah aku tidak yakin bagaimana perasaanku sekarang tapi aku belum sadar sepenuhnya, kalau aku akan pergi dari tempat ini besok"

"aku juga, meskipun itu waktu yang sangat singkat, banyak hal terjadi disini"

"saat aku bersama mu aku belajar banyak hal. hal hal yang aku lupakan, hal hal yang kurasa tidak perlu dipikirkan, hal apa yang benar benar berharga bagiku, semua itu dimana aku bisa menemukan semuanya jadi aku tidak pernah menyesal menghabiskan waktuku disini."

da jung tersenyum lalu ia bilang kalau ia akan pergi keluar kota.

"apakah kau harus pergi?" tanya Yool

da jung terdiam sesaat ia lalu menjawab, "suatu saat jika takdir mempertemukan kita kembali. kita bisa memulainya dengan benar dan aku akan memegang tanganmu jadi kau harus selalu sehat sampai hari itu tiba"
"meskipun semua ini singkat, aku sangat bahagia karna bisa bersamamu
Setelah mengatakan hal itu da jung pergi, Yool diam seperti menahan tangisnya agar tidak keluar sementara da jung ia juga berusaha untuk tetap tegar karna walau bagaimanapun ia dan Yool suatu saat jika takdir berkrhrndak mereka masih bisa bertemu.
semua orang menunggu Yool untuk mengucapkan salam perpisahan mereka, mereka berdiri berjejer untuk melepas PM mereka terdahulu, suasana sedih terlihat begitu kental terlebih lagi ketika Yool berhadapan dnegan Hye Joo dan In Ho. 

Yool mengatakan kalau mereka semua sudah bekerja dengan baik, setelah mengucapkan salam perpisahan pada semua orang Yool melangkah menuju mobilnya tapi ketika ia akan masuk ia kembali menoleh kearah rumah dinas, Yool terlihat begitu berat untuk pergi dari sana karna bagaimana pun sudah banyak kenangan kenagan yang tersimpan didalam rumah ini.
seorang wanita keluar dari sebuah mobil, ketika wanita itu keluar semua reporter sudah mengerumi=uninya. Wanita itu adalah Hye Joo.
Hye Joo keluar dari mobil dengan elegannya, sangking elegannya ia merapikan bajunya didepan umum lalu mengibaskan rambutnya dan melangkah dngan percaya diri. 

semua reporter mengerubuni Hye Joo menanyakan perihal apakah hye joo akan masuk dalam sebuah partai atau tidak dan diantara reporter tersebut tidak ketinggalan reporter kita yaitu reporter Byun.
reporter byun terus mengoceh kepartai mana hye joo akan masuk, karna diantara banyak partai, banyak partai yang sedang berkuasa saat ini yang ingin sekali hye joo masuk dalam partainya. Hye joo yang mendnnegar hal itu lalu bilang dengan tegas dan dengan gayanya yang baru, dengan menatap reporter byun dnegan tajam ia bilang, "tentu saja...."tidak punya niat" untuk bergabung dnegan partai lain"

"aku berencana untuk membuat sebuah partai"seru Hye Joo dengan lantang"
para reporter yang mendengar hal itu kaget, reporter byun langsung nyerocos apa dengan ini artinya Hye joo juga akan berpotensi untuk menjadi seorang presiden kelak?

hye joo yang mendengar hal itu segera melirik tajam apda reporter byun dan bilang, "reporter byun, kau benar benar bodoh. apakah kau benar benar serius menanyakan hal itu sekarang? apa aku tidak pernah melihat anggota baru terpilih untuk ikut pemilihan presiden?"
Joon Ki dan Yool sudah menjalin hubungan yang baik lagi, mereka secara bersama sama mengawasi ank ank mereka yang sedang bermain. ditengah tengah itu Joon ki tanya apa Yool sudah memantapkan pikiran Yool. Yool bilang iya, mendnengar hal itu Joon Ki lalu bilang kalau Yool memang sudah memantapkan hati dan pikirannya Yool seharusnya mengikuti pemilihan.

Yool yang mendengar hal itu lalu bilang "aku hanya ingin menjadi pembawa bendera dimana orang orang berbagi tujuan yang sama sepertiku. Joon Ki, apakah kau mau membantuku?"

"menolong orang yang berusaha mereformasi perusahaan konglomerat? apa yang kau inginkan dariku? aku adalah menantu dari Myeong Shim Grup. apa kau tidak tau betapa menakutkannya mertuaku itu?"

"Aku tidak akan pernah membantumu!"seru Joon Ki dengan penuh keyakinan

tapi kemudian Joon Ki melanjutkan, "tapi, justru aku akan secara diam diam. secara diam diam membantumu" seru Joon Ki tersenyum pada Yool.

Yool yang melihat itu tertawa dan berterima kasih. Joon Ki lalu bilang lagi kalau Yool sudah terpilih, bagaimana dengan ibu negara?

Yool yang mendnengar hal itu tertawa dan bilang kalau Joon Ki ternyata sudah memikirkan semuanya, sementara ia, ia bahkan belum memikirkannya sama sekali.

Joon Ki lalu bergurau pada Yool kenapa Yool tidak kembali saja pada Na Young? tapi sekarang Yool sudah terlambat karna Na Young sudah diambil leh kang Soo Hoo, sementara Nam Da Jung, mereka tidak tau dia ada dimana sekarang ini.

mendnnegar kata Da Jung Yool terdiam tidak menjawab.
Ditengah perbincangan mereka, Yoon He datang dan ia membawa seorang bayi dengannya dan ternyta itu adalah anaknya dan Joon Ki. dengan manjanya Yoon He bilang kalau ia sanagt lelah mengawasi anak anak, Joon Ki yang mendnnegar hal itu lalu mendekat dan melihat bayi kecil mereka.

Yoon He lalubilang ke Yool kalau agashi juga ikut dan mereka sudah lama tidak bertemu jadi sebaiknya setelah ini mereka makan bersama. Yool yang ditawari seperti itu menolak secara halus kalau ia akan pergi kesuatu tempat.

Yool lalu mengambil tasnya dan sebuah buku, Joon Ki yang melihat hal itu lalu tanya kalau sekarang sepertinya Yool berusaha sangat keras untuk menjadi ayah yang baik karna sekarang saja ia sudah memegangi buku "petualangan yang menyenangkan dari kodok pembuat kue"
Da Jung berada di kantor Skandal news, ia memberikan bukunya yang berjudul "petualangan yang menyenangkan dari kodok pembuat kue". Boss Go bilang kalau Da Jung sudah membuat buku anak anak sekarang, Hee chul yang mendnengar hal itu tidak setuju, ia bilang kalau boss nya saja belum membacanya tapi sudah bilang kalau itu adalah buku anak anak, 

hee chul lalu bilang kalau buku ini adalah harry potter versi koreanya. Da Jung yang mendnengar hal itu tersenyum, ia lalu bilang kalau hari ini ia kembali karna ini adalah peringatan mendiang ayahnya dan juga untuk memperomosikan bukunya ini, makanya ia kembali.

mendnnegar hal itu hee chul langsung bilang kalau da jung tunggu saja disini sebentar, mereka akan kembali secepatnya setelah wawancara dan setelah itu mereka akan ikut dengan da jung.
da jung membuka kardus yang ia titipkan dulu disini, ia kembali melihat barang barang milik ayahnya.
da jung tersnyum ketika melihat namanya yang begitu banyak berderet di buku jurnal ayahnya.

da jung lalu membuka jurnal miliknya dan disana ia menemukan sesuatu,
untuk putriku tercinta Nam Da Jung. da jung putriku tercinta, saat aku memikirkannya, apa yang benar benar aku inginkan ternyata bukan kau harus menikah. yang benar benar ayah inginkan adalah senyumanmu dan .......kebahagianmu.
 
da jung berbahagialah, dengan Kwon lelaki yang kau cintai. meskipun dari awal bukanlah cinta, tapi ayah percaya bahwa pada akhirnya tu adalah cinta.
Da Jung datang ke rumah abu ayahnya dengan membawa buku karangannya sendiri,
"ayah aku datang setelah membaca surat yang ayah tulis.

 ayah aku membuat sebuah buku.

 aku membawakan buku ini untuk kau lihat.

 apaka kau tidak bangga dengan putrimu?"

Da Jung kaget ketika ternyata buku karangan miliknya sudah ada di dekat abu ayahnya, da jung tampak berfikir ia lalu tersenyum.
Yool akan di wawancarai oleh reporter Byun, In Ho yang baru mendapat kabar terbaru ari reporter byun lalu melaporkan pada Yool bahwa reporter Byun akan sedikit terlambat karna macet. Yool yang mendengar hal itu lalu bilang apa hal ini tidak menganggu interview selanjutnya?

In Ho menjawab dengan yakin kalau hal ini tidak menganggu, Yool lalu bilang kalau ia akan menunggu disini saja. In Ho pamit, saat berjalan pergi In Ho berhenti dan tersenyum.
Yool menunggu reporter Byun dengan sabar dan ketika ia melihat jam nya ia kembali teringat pada da jung,

"waktumu aku berharap akan terus berjalan tanpa harus berhenti, selamanya"
Saat Yool sedang mengingat da jung, Yool mendengar seseorang yang memanggil namanya. ketika Yool berbalik, Yool terdiam tidak berkutik, semnetara da jung terus mendekati Yool tersenyum.

Yool yang melihat da jung seperti itu mungkin tanpa ia sadari bibirnya pun menyimpulkan sebuah senyuman. Da Jung yang baru tiba lalu tersenyum bergurau pada Yool kalau ia harus meralat kata katanya tadi, ia tidak lagi harus memanggil Yool sebagai PM tapi kandidat Kwon.
Da Jung menunduk memperkenalkan dirinya pada Yool"haloo, aku adalah penulis Nam Da Jung yang mengarang buku "Petualangan menyenangkan dengan katak pembuat kue""

"aku berencana menulis buku yang baru dan entah kenapa modelnya adalah seseorang yang pernah menjabat sebagai PM, aku berharap kau akan memperbolehkanku untuk mewawancaraimu, Kandidiat Kwon" seru da jung penuh semangat.
Yool yang mendengar hal itu tersenyum, ia lalu bilang "buku itu....apa judulnya?"tanya nya Yool penasaran

"aku berencana menulis buku itu dnegan judul "Perdana Mentri dan aku""Jawab Da Jung

"Perdana Mentri dan aku?"
"apa karakter utama dalam buku itu "aku" atau "PM"?"

dA jung tampak berfikir, ia lalu bilang "bagaimana kalau kedua duanya?"

"aku yakin buku itu akan sanagt menyenangkan. kalau begitu berapa lama kita akan wawancara?"seru Yool
Da Jung yang mendengar hal itu lalu menyipitkan mata pada Yool, "kau tidak mungkin memberikan aku waktu 10 menit kan?"tanya da jung

Yool pun tertawa mendnengar hal itu begitu juga da jung.
"kau akan membantuku kan?"seru da jung

"aku akan membantu mu meskipun aku tidak tau bagaimana cara untuk membantumu"

Da Jung tersenyum, ia berterima kasih, da jung lalu memperkrnalkan dirinya kembali, "kalau begitu bairkan aku memperkenalkan diriku lagi."

da jung menatap mata Yool "aku.........(da jung memberikan tangannya pada Yool) adalah Nam Da Jung"

"Yool ikut menatap Da Jung, "aku Kwon Yool"

keduanya berjabat tangan, tersenyum satu sama lain.
"sekarang, bisakah kita mulai?" senyum da jung merekah

Yool yang melihat hal itu merespon dengan senyuman yang sumringah, tanda setuju.

ahhhh......... apakah drama ini selesai??? emmm tampaknya memang iya. waktu author pertama kali nonton episode terakhir ini, jujur author agak kecewa, kecewanya kenapa? ya karna, kok akhirnya cuma jabat tangan doang sie?, kenapa mereka nggak pelukan atau gimana gitu? kenapa juga akhirnya mereka nggak punya anak lagi kayak Joon Ki dan Yoon He? dan kenapa jugaa harus berakhir kayak gini? hadehhhh, pokoknya awalnya kesel liat endingnya kayak gini.

tapi lambat laun setelah nonton lagi dan mencoba memahami drama ini(ceileeeee), akhirnya author juga luluh. luluhnya kenapa? luluhnya mungkin ini memang jalan terbaik buat mereka semua, terutama da Jung dan Yool. secara dari awal pernikahan mereka memang tidak didasari oleh cinta dan memang juga pada akhirnya mereka saling jatuh cinta tapi mungkin lagi, alangkah baiknya memang mereka berpisah dulu untuk beberapa saat, menjalani kehidupan masing masing dan mewujudkan mimpi mimpi mereka dan setelah itu, pada akhirnya mereka bisa bertemu lagi dan bisa memulainnya dari awal. ya seperti kata da jung waktu itu, mereka memang bukan pasangan seperti orang kebanyakan, mereka tidak pernah berkencan, nonton bioskop, jalan bersama, memberikan bunga atau pun mengantar pasangannya pulang ke rumah jadi mungkin dengan mereka berpisah dulu, mereka bisa lebih memahami pasangan nya dan juga bisa melakukan hal hal yang dulu mereka tidak bisa lakukan.

dan lagi untuk di akir episode semua orang akhirnya bahagia, tidak ada yang namanya masih sakit hati, hubungan Na Young dan anak anaknya mulai membaik, Joon Ki dan Yoon He yang akhirnya bisa menjadi keluarga yang harmonis, Yool yang pada akhirnya bisa memaafkan Na Young, Soo Hoo yang akhirnya sadar, Na Young yang juga akhirnya bisa bersama Soo Ho tanpa beban, dan In Ho walaupun pada akhirnya ia tidak dengan siapa siapa, ia tetap masih bisa bersyukur karna dari semua apa yang terjadi padanya, ia masih bisa melihat kakaknya lagi. dan Hye Joo yang pada akhirnya tetap tidak bisa mendapatkan Yool, ia masih tetap bisa berdiri dan sekarang malah menjadi lebih tinggi. pada intinya drama ini happy ending dan semua orang yang ada didalamnya bahagia ^^ 
Ngapain coba heehheheeh
******************

69 komentar:

  1. Makasih mbaa, :D

    BalasHapus
  2. terimaksih sinopsisnya :) Endingnya memang sedikit mengecewakan, tapi tetep sweet kok endingnya :) kang so ho sama na young itu bagaimana? menikahkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyaknya enggak, tapi mereka sama2

      Hapus
    2. satu yang kurang tuh..... cb dajung pakai jepit rambut yang dikasih yool kn lebih ketahuan kalo dia tuh mash cinta sm yool... sayangkn cuman di anggurin tu jepit... hahay.... love d sm ni drama & bkl kangen sm pasangn ini, ank"ny juga terutama si imut manse.... cb ada lanjutannya y.... oiya makash ya mba anis, mba inda udah meluangkan waktu buat sinopsis ini... keep faighting tuk project selanjutnya dn slalu di beri kesehatan.... ^^

      Hapus
  3. Aduh bklan kngen dg man se...oh manse....
    YoonA akting ny top markotop dah...

    BalasHapus
  4. Terima kasih mb Inda buat sinopsisnya, walau akhirnya kurang seru, yang penting happy ending buat semuanya. hahahha....

    BalasHapus
  5. Walapun q krng ska dg endingnya,tp menurutku drama in bnr2 keren^^dan sngt sdh sa'at drama in hrs berakhr.

    Mmg bnr yool n DJ hrs memulai lg dr awl dg bnr,tp alngkh baeknya sandainya dakhr ending ad sdk crt tntng khdpn yool n DJ dmasa dpn?

    Skrg kesannya jd sprt kita ini ssh payah mendaki kats gunug,tp pd akhrnya stlh sampe kats trpeleset dan glundung^^

    Dan drama in ms g ad kiss nya selaen yg kecelaka'an itu minimal pelukan ato pegagan tangan^^tp stlh dipikir2 mgkn emg dsengaja melihat LBS yg sdh mnkh dan istri yg bkn dr klgn artis jd in sprti untk mnghrmati mrk

    BalasHapus
  6. Kpnjgn komen,jd kelupaen bt brtrimakasih^^Nda thank you ya,sdh meluangkan wkt dan tenaga untk mmbt sipnosis in.sukses untukmu dan blognya^^ditunggu untk CSLnya

    BalasHapus
  7. mba inda makasih ya sinopsisnya,gak tau kenapa males aja nonton episode 16-17,abis ini mau sinopsis apalagi ? mba inda kalau lewat daerah taba pingin mampir ya ke rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. rencananya CSL. emng rumahnya didekat mana?

      Hapus
    2. kayanya bagus ya csl mba, demen liat lee min jung rumah ku dekat bengkel yogi taba pingin, kalau mampir aku masakin tteokbokki gara2 liat dajung bikin jd ngiler akhirny googling nemu resep yg enak

      Hapus
    3. Emang mbk inda org mana? Setelah sekian lama jd reader sinopsis PMAI br kali ini bercoment gara2 rmh sy d batu urip taba. Hi... hi... ^_^

      Hapus
    4. ana fitri > emng ada ya di daerah qt bahan untuk buat tteokbokki? hhehehhehe, klo ada kyaknya mantep tuh dicoba :)

      Yosa Meriza>wah ketmu lagi orang satu daerah .....hihiih

      Hapus
  8. Walau akhr yg kurang paz tpi tetp ok lah... yool n dajung bertemu lagi tuk mulai dr awl hubngn mrk... Yg sy bingung mrk msh suami istri g y?? Ough mash blm bs nglupain drama ini... :'( Makash y ats sinopny... Semangt terus bwt blogny...

    Inna_

    BalasHapus
  9. Dan akhirnya takdir mmpertemukan mereka kembali.
    Lw pendapat saja, Da Jung pergi sebentar tuk bisa tau perasaannya yg sesungguhnya pd Yool. Yool sempat brtanya kpda Da Jung apakah ia bisa hidup tanpa Yool??? Dan Da Jung prgi agar bisa menjadi wanita yang pantas & layak disisi Yool. Disamping mewujudkn impiannya mnjadi menulis Da Jung ingin mnjadi sosok wanita yg lebih bisa diandalkan & brguna pd karier Yool selanjutnya. Dibalik seorang laki2 yg sukses ada wanita tangguh dibelakangnya...
    Toh Yool brsedia menunggu smpai Da Jung datang & meraih tangannya kembali, seperti janji Da Jung pd Yool.
    Ending drama ini gak brlebihan, semua merasakan bahagian & dpt menentukan jalan hidupnya masing2.
    Sadarnya Soo Ho membuat In Ho bahagia, keinginannya bisa brmain catur brsama kakaknya dpt trwujud. Na Young pun bisa kembali mnjadi ibu dr anak2 nya & bisa menjadi wanita yg lebih baik lagi bagi Soo Ho.
    Woo ri, Na Ra & Man Se pun punya orang tua yg lengkap, wlau Na Young tdk bs mnjadi istri dr Ayah mreka.
    Joon ki akhirnya bisa mnerima istrinya & punya baby.
    Hye Joo jg bisa mengembangkan kariernya, rasa balas budi trhadap jasa Yool ketika ia msh kuliahpun sdh ia bayar. Dan ia msh bisa mmbatu Yool di Parlemen nantinya.
    Inilah salah satu keunikan ending drama korea.
    Tuk Onnie Inda & Onnie Anis Gomaptha tuk karya sinopsisnya.
    Ditunggu karya kalian selanjutnya...
    Bagi yg masih blm nerima ending drama ini saranku coba dech bikin Fanfaction versi yg kalian inginkan biar sedikit mngobati kekecewaan kalian, mian kalau salah. Hwaiting ~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget sama komen nya Nina. kasih 10 jempol deh.. yang 6 jempol pinjam punya orang hahaha.

      Suka sama Hye Joo yang akhirnya bisa berdiri sendiri dengan kemampuan berpolitiknya. senang sekali Joon Ki bisa bahagia dengan istrinya. ia pun diam2 akan membantu Yool maju ke kursi presiden dan di parlemen Yool akan mendapatkan dukungan dari Hye Joo.

      Hapus
    2. pinjam jempol inda juga boleh mbak, hehehhehe.

      Hapus
    3. Ahay.... 10 jempol mba anis & mba inda ada2 aja hehehe ^^
      Jujur tuk Prime Minister & I aku ngikutin drama ini cuma lwt sinopsis dr mba anis & mba inda aja tiap mau streaming gx pernah bisa, sinopsis yg mba Inda sm Mba Anis buat menarik, ringan sm mudah dimengerti. Jadi serasa kayak nonton dramanya langsung. Good Job Onnie ^^
      Ditunggu project CSL nya mba. Udah kangen sm akting Onnie Lee Min Jung trakhir serial Midas keren lihat onnie jd perawat sekaligus wanita yg tegar. Dan Oppa Joo Sang Woo suka sm akting oppa dr serial City Air, The Thron Brids sm trakhir Good Doctor. Tapi kali ini nuansanya komedi romantis, semoga mmbawa happy tuk kita yg ngikuti drama ini nantinya. Tayangnya hbs Miss Korea ya Mba?? Bentar lagi donk...

      Hapus
    4. yup setuju ama kim nina, yang penting endingnya semuanya bahagia...... :)

      hmm, aq jd mikir jangan2 apa yang kita tonton dr awal ep 1 ampe selesai adalah hasil tulisan nam dajung hehehe... makanya judulnya "prime minister and i"

      ucapan terima kasih khusus buat mbak anis ama mbak inda, yang udah buat sinopsis luengkap banget berasa nonton live...

      ^_^nur

      Hapus
    5. Bisa jadi Nur alur critanya mundur lw smua itu adalah critanya Nam Da Jung didlm bukunnya Prime Minister & I hehehhe ^^

      Hapus
    6. ending nya kurang memuaskan.kenapa tidak ada ungkapan sayang tp mungkin jabatan itu sebagai simbol.mgkn mereka berniat utk memulai segala sesuatu dari awal n indah

      Hapus
  10. Oenni makasih sinopsisnya
    Critanya sedikit mirip FH ya,hehehee

    Gomawo,untuk sinopsis yg menarik,lebih mendetail dan beda dr yg lain semoga oenni berdua selalu shat,amien,.,.,.,

    BalasHapus
  11. Romantisme di drama ini ditunjukan oleh kata2. dan sekarang Yool dan Da Jung memulai lagi hubungan asmara mereka atas dasar cinta. Yiiippppiii

    awal ketika nonton drama ini tanpa sub memang kurang sreg dengan adegan endingnya tapi setelah tahu apa yang keduanya bicarakan, saya cukup puas dengan endingnya, meskipun ada beberapa hal yang tidak diselesaikan secera tuntas. tapi senang karena semuanya bahagia. ikut bahagia ketika semuanya bahagia. tak ada dendam, tak ada lagi beban dan tak ada lagi salah paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan mba Anis & sepakat juga dengan pendapat Kim Nina . Jujur ini lah pertama kali ngikutin drama dari pertama sampe akhir yg msih Airing di Korea sana. Biasanya males, nunggu tayang di TV dulu baru browsing sinopsisnya ataw nonton videonya . Padahal udah kenal drakor dri zaman Endles Love dan Full House. Tapi mulai aktif nyari ( baca ) sinopsis setlah nonton Dong Yi. * curcol * maaf kepanjangan. Ucapan Trimakasih tak terhingga buat Mba Anis & Mba Inda krena telah meluangkan waktu buat sinopsis drama ini, aku suka gaya penulisannya, menghibur dan informatif. Masih bingung kenp di Korea sana ratingnya tdk begitu menggembirakan ya . Gumawo . :)

      Hapus
    2. setuu mbak, klo nggak pake sub rada gimana gitu tapi setelah ada sub dan memahami maksud dari semuanya, endingnya lumayan kok, apalagi semuanya bahagia .

      Hapus
    3. Saya jg d mb'... Kl nontn tmp sub mang g enk jd nerka"... tp dngn adny sinopsis n pnjlasny mulai nerima d sma endngny... Selain kta" 1 lg ne mb'... Tatpn mt mreka jg mengisartkn sesuatu...hehehe... Top d nih drama n bkn ngangenin... Thx bngt y duetnny ats sinopny smp final n fighting tux project slanjtny... ;)

      ella ^^

      Hapus
  12. Sedih sedih sedih harus pisah dengan Kwon yool dan Da jung :(
    Dan juga trio kwon yang bkin mesem" :)
    Mbaaa abis drama ini mau bikin drama apa lagi? CSL kaaah?

    BalasHapus
  13. Sedih bgt drama ini dah tamat jd gak bisa liat om LBS lg:-(
    Kl soal ending drama ini aku sependapat sm mb inda. Wktu pertama liat endingnya aku jg kecewa kok gini doang sih endingnya kyknya kurang tuntas gt tp setelah saya pikir2 mmg cerita dr drama ini gk hanya ttg kisah cinta yool dan dajung aja tp ada byk pelajaran yg bisa kt ambil dr drama ini terutama dr segi keluarga. Dan kl dipikir lg mmg ini ending yg paling pas dan gk lebay. Kl secara pribadi saya nganggep nya yool dan dajung bakal balikan lagi dan hidup bahagia selamanya.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba gak usah sedih kan lbs mau main drama lagi barengan sama song seung hon tp genrenya bukan romcom, cek dikoala ktanya dia jadi polisi di sini

      Hapus
  14. CSL apa sih?
    mksh ya mba inda ats semua nya.ditunggu proyek selanjut nya.^_^
    Kamsahamnida.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cunning Single Lady
      Yang main lee min jung ma joo sang wo.

      Hapus
  15. Awalnya agak kcewa sma ending y tp stelah dpt pencerahaan dr mb inda n' yg laen jd berfkir & ngerti...

    Mksih wat mb inda yg udh bkin snopsis y dg kreeenn bgt dtnggu karya slnjutnya.....

    BalasHapus
  16. Wah akhirnya tamat jg ya ni drama sedih gk bisa liat dajung and PM lg :-(
    Oya mb inda gk da yg minat nulis sinopsis full sun ya?

    BalasHapus
  17. Akhirnua baca juga endingnya hehe setelah menonton dan baca sinopsisnya puas bgt deh, drama ini benar2 ringan dan sweet kaya permen kapas haha akting Yoona disitu TOP bgt!!! Setiap dia bertingkah dorky aq ketawa ngakak setiap dia sedih dan nangis aq bahkan sampe mewek jg, dan karna drama ini aq jd suka LBS ajjussi haha, drana korea selalu ada hikmah dibalik cerita seru ^^ thx u buat kerja kerasnya, sampai ketmu ditulisan mba yg akan aq baca nti hihi

    BalasHapus
  18. tll menggilai drakor ini, dari pada aku komplain, ku pikir lebh baik aku coba jawab cerita yg ga tuntas dan menambah sedikit endingnya sbg penghibur diri hehehe.
    Nam Da Jung pergi begitu saja meninggalkan Yul di ruang keluarga tanpa menunggu sepatah kata pun keluar dari mulut Yul. Lalu DJ berjalan menuju gerbang sambil menekan dadanya, sakit sekali, menahan pergolakan didalam hati. Da Jung terkejut saat menuruni tangga koridor, Woo Ri muncul dihadapannya,
    WR : Ahjumma !

    DJ : Woo Ri? (DJ heran Woo Ri datang ke ke kediaman resmi). Bagaimana Kabarmu, kau baik-baik saja, apa adik-adikmu juga baik?"

    Woo Ri : Ahjumma masih mengkhawatirkan kami? lalu, kenapa Ahjumma melakukan ini pada kami, terutama ayah?
    (Menatap penuh harap, Dj tidak meninggalkan mereka)

    DJ : Woo Ri...ahjum...( belum selesai, Woo Ri memotongnya)

    Woo Ri : Aku kesini sama seperti ayah, aku ingin mengenang terkahir kali, bahwa ada kebahagiaan baru dimulai dari tempat ini, 3 anak yang sudah lupa bagaimana rasanya memiliki ibu dan ingin bergantung padanya. Ssudah lama aku ingin bilang terima kasih, terima kasih ahjumma membuat kami merasakan kembali memiliki ibu.

    (matanya berkaca-kaca, lalu segera menundukkan pandangan. DJ mengatup bibir, menahan getaran keluar dari dadanya).

    Ibu kembali, aku sangat senang. tapi bagaimana dengan Man se dan Na Ra? Dihati mereka hanya memilikimu. Nara baru-baru ini bilang, “ jika Ahjumma kembali aku tidak akan membiarkannya pergi seperti kakek. Kakak tidak marah kan, jika aku memanggil Ahjumma 'Ibu'?” Nara benar-benar tidak tahu bahwa aku... aku juga ingin memanggil seperti itu.
    (mata Woo ri memerah, sementara air mata DJ bergulir sejadinya).

    Aku tahu semuanya, kenyataan yang cukup berat bagi anak seusiaku. Sekarang aku paham kenapa ayah yang tidak menerima ibu kembali dan kenapa Ahjumma pergi. Ahjumma, aku tidak tahu bagaimana cara menahan Ahjumma disini, aku hanya akan memberi pengertian pada Na Ra dan Man Se, bahwa Ahjumma pergi sebentar untuk bekerja dan kami akan menunggu sampai Ahjumma kembali.
    ( Woo Ri memberi hormat dan Meninggalkan DJ)

    DJ : Ibumu, bersikap baiklah padanya dan jangan pernah sekali-kali melukai hatinya.

    Woo Ri :(langkah Woo Ri terhenti) Ibu kami, seperti yang pernah ku bilang, aku akan memberikan segala sesuatu yang diinginkannya dan aku juga akan melakukan hal yang sama untuku ahjumma, saat kembali nanti.

    (Air mata DJ semakin tidak bisa seka, lama dia terpaku. Kemudian mengambil jalannya, pergi. Seperti ucapannya pada Yul jika ditakdirkan, dia ingin memulai dari awal lagi. Sepanjang jalan Dj merasa rapuh, mengingat anak-anak, mengingat Yul. Yul yang tidur lelap dibahunya, Yul yang selalu berkata 'aku merindukanmu Da Jung', 'apa kau bisa hidup tanpaku?' dan DJ tidak pernah membalasnya. Yul yang terluka, begitu banyak lukanya.)

    DJ : Bagaimana bisa? bagaimana bisa aku menyeka kerinduanku padanya, dia bukan seorang yang tidak boleh kurindukan, dia.. dia.. dia suamiku.
    (gumamnya menangis, sesekali dia memejamkan mata, hanya angin yang mengerti isyarat keperihan itu. DJ menoleh kebelakang, memandang kediaman resmi dari jauh)

    Maafkan aku, Aku juga sangat merindukanmu disetiap kali aku tidak bisa melihatmu dan disetiap kali aku melihatmu. Aku mencintaimu, maka akan selamanya begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. firda, coba2.
      (Uchy)

      Hapus
    2. Iyaa sihhh
      Saya bru ntn filmnya semalamm
      Karena saking serunua tu film and ngakak2 gtuu jdi dlm wktu 1 hari udh slesai ntonnyaa smpe subuh jam 5/6 lahhh
      Dramanya nii perlu di acungi jempol bangett , udh sekian bnyak drama sya ntn sya paling suka dramanya ini gatau knapaa. Enak bngett pokonya , cuman agak kecewa trnyata endingnya gtuu :( cuma jabat tangan siap itu tamat , maunya d tunjukin lgi klo mereka bakal nikah yg sebenarnya / apaa gtuu rupanya nggak gtu :( tpi biarpun gt gada alasan buat ga suka drama ini karena alasan itu ajaa soalny dramanya ini (y) banget cma ending aja kurangnya :)

      Hapus
  19. Kelanjutannya...

    Setahun berlalu

    Kwon Yul sudah mengurus perceraiannya dengan Na young. Selanjutnya dia duduk di kursi kandidat Presiden, Jong Gi banyak membantunya Yul dalam proses pengajuan sebagai Kandidat Presiden Korea termuda walaupun secara tersembunyi.

    (dibawah ini penambahan dialog ketika KW menunggu reporter Byun dan yg datang adalah DJ)

    DJ : Aku Nam Dajung (mengulur tangan)

    KW : Aku Kwon Yul (menjabat tangan, mereka saling menatap)
    Kemudian, boleh aku memanggilmu da jung?
    ( DJ tersenyum dan mengangguk kecil)

    DJ : dan aku..( kalimat terputus)

    KW : Jika kita menikah, kau harus menyebutku 'suamiku'."
    (timpal Yul, DJ kaget, melepaskan tangannya dan menatap Kwon Yul dengan mata yang tenang)

    DJ : Lalu pernikahan seperti apa yg anda inginkan? bukankah kita sudah melaluinya dan berjanji di depan Tuhan atau haruskah menikah dua kali?
    (tanya DJ setengah nada menggoda, kemudian tersenyum, sebaliknya KW tersentak)

    KW : Kemudian, segeralah kembali ke sisiku. (KW terdengar tulus meminta)

    DJ : Jika itu anda inginkan, calon presiden. (DJ mengangguk. Mereka saling menatap dengan senyum penuh kerinduan, 1, 2, 3,4, 5 detik.)

    KW : Tetaplah ditempatmu, aku akan menjemputmu.(KW mendekat) Seperti ini..(Yull memeluk DJ erat, DJ membalas pelukannya)

    Beberapa waktu berikutnya

    Park Na young, mantan isteri KW mengetahui bahwa DJ sudah kembali, dia meminta DJ untuk bertemu disebuah restoran. Mereka saling menyapa dengan hangat.

    NY : Anda sudah bertemu dengan Yul? (DJ mengangguk, membenarkan). Bagus lah, ( NY mengangguk)
    Semua telah selesai, Anda hanya perlu kembali ke sisi Yul tanpa syarat, menjadi istri sekaligus menjadi ibu. (DJ hanya diam mendengarkan NY)

    Anak-anak ada di tempatku, tidakkah anda akan melihatnya? (DJ terharu, karena Na Young sendiri yang mengucapkan itu)

    DJ : Ingin sekali, tapi apa mereka masih mengenalku? (Wajahnya Khawatir)

    Syaapp!, seseorang menutup DJ dari belakang, DJ terkejut.

    Seseorang : apa anda ingin kami melupakan anda?

    DJ :Woo Ri? (DJ tanpa ragu mengenal suara itu. Anak laki-laki itu melepaskan tangannya. DJ kembali terkejut, ternyata mereka datang ketiganya)
    Man se, Nara, dan Kau Woo Ri, kau betul-betul tampan, kalian tumbuh dengan baik. ( ucap DJ menatap mereka satu-satu. Man se, Nara langsung menghambur kepelukannya)

    Nara dan Man Se: Ibu...(panggil mereka bersamaan. DJ tidak percaya dengan panggilan itu.)

    WR : Kenapa terlalu lama pergi? kami sangat merindukanmu.. Ibu. (Woo Ri, mendekat memeluk DJ)

    DJ : Ibu..? (DJ mengucapkan kata itu pelan, bergetar. DJ masih tidak percaya, kemudian menatap Na young. Na Young Menggangguk,mengisyaratkan itu panggilan yang baik untuk DJ. DJ menangis haru dan menahan mereka dipelukannya)

    Waktu dangan sangat mudah berlalu.

    Anak-anak berpakaian rapi menaiki tangga cepat-cepat dengan gembira, sementara Yul pelan-pelan mengandeng Nam Dajung yang sedang hamil berat. Ya, mereka datang ke pernikahan Park Na young dan Kang Soo Ho, So Hoo benar-benar sembuh total. Dia menyalami Yul dan menyampaikan maaf tentang kesalahan masa lalu.

    KW : Jangan mengulangi kata-kata itu lagi, aku sudah bosan. (KW menimpali dengan senyum, kemudian memberikan selamat).

    Dua keluarga mengambil photo bersama, keluarga Kwon dan Keluarga Kang. Pada akhirya kebahagiaan milik siapapun yang menginginkannya.

    In Hoo : Politik, kau mengurusnya dengan baik, jadi bersiap-siaplah untuk mengurusku dan bahagia seperti mereka.(Kang in ho mendelik kearah Hye joo yang berdiri disampingnya. Hye Joo membalas dengan tatapan lembut).
    The End
    mksh bgt, sinopsisnya mba inda..(Uchy)




    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget sma akhir yg kek gtu (y)
      Tpi syangnya cma jabatan tngan doang

      Hapus
  20. nangis bombai aku baca sinopsis terakhir ini....

    BalasHapus
  21. Awalnya lihat pict sm
    cewa sma end nya kok cuma begitu tpi pas nonton puas juga sm end nya... semua nya bahagia....

    Buat PM sm Da Jung mereka "Berpisah tapi untuk Bersatu"

    Suka sama kata2 Da Jung
    "Suatu saat jika takdir
    mempertemukan kita kembali.Kita bisa memulainya dengan bener dan aku akan memegang tanganmu jadi kau harus selalu sehat sampai hari itu tiba.Meskipun semua ini singkat aku sangat bahagia karna bisa bersamamu."

    Happy end....
    Gomawo buat Inda & Anis sinopnya...

    Ditunggu duet selanjutnya ^^

    BalasHapus
  22. uwahhh bru bsa komen....
    sedih rasanya harus berpsah dg mereka trutama KwonDajung....
    seneng karna mreka bhagia tanpa da beban n dendam...
    dtunggu untuk cslnya....
    buat inda&anis duet yg cetar membahana halilintar badai menggulung dunia di akhr th ma awal th......
    good job buat anda berdua.....
    hehehehe.....

    BalasHapus
  23. hah..
    akhirnya ceritanya selesai.., walaupun endingnya kurang, tapi tetep sweet kok...
    saling senyum, saling tatapan, pokoknya sweet deh...
    sedih juga pisah sama pemeran kwondajung..
    pasti bakalan kangen Man Se nih.., Nara juga...
    si usil dan si centil dan satu lagi sama si cool woori juga bakalan kangen..
    good job deh buat semua nya...

    Terima kasih mbak Anis dan mbak Inda yang udah semangat nulis sinop " Prime Minester and I " ini sampai tamat.
    Gomawo mbak..
    dan sampai jumpa, dan di tunggu sinop drama yang lainnya ya mbak.. :D :D

    BalasHapus
  24. kecewa karena drama ini hrs berakhir,makacih mba anis n' mba inda wat sinopnya yg top markotop,poko'e you are the best lahh..klo blh berharap,smg ada PM and I taken 2 atau jilid 2,atau season 2,(hehe..maksa)..lihat acting lee bom soo di drama ini aku jd kesemsem sm ahjusi ini,usia blh ga muda lg tp beliau ttp keren gmn gt,alhamdulillah skrg di LBStv jg lg tayang Bong Dal Hee jd bs mengobati sdkt kerinduanku pd Lee bom soo ahjussi..terlepas dr ending PM n' I yg nanggung,sekali lg aku ngucapin makasih banyak wat mba anis and mba inda untuk waktunya ats sinopsisnya...gumawooo

    *farida_wibowo*

    BalasHapus
  25. maaf mba inda baru bisa komen skarang,,
    soalnya kalau d hp susah,,
    baru hari ne bisa megang laptop(loh kok malah curhat)
    makasih ya mba dah luangkan waktu dan tenaganya buat nulis sinopsis PMAI...
    karena drama ini jadi makin jatuh hati dech sama Ahjussi,,
    baru kali ini suka sama aktor korea yang jauhhhhh lebih tua,,,
    biasanya tuh yg muda"..(hehehe)
    kalau ngomongin endingnya PMAI ga ada habis"nya ya mba
    pertama streaming liat endingnya super duper kecewa,
    loh kok kek gini endingnya gantung..
    tapi setelah liat dari awal pke sub...
    terus baca sinopsis mba inda
    baru ngerti kenapa harus kayak gitu endingnya,,,
    endingnya ini kalau menurt ela memank harus seperti ini karnakan mereka dulu cuma nikah kontrak,,,,,,
    belum mengenal satu sama lain,,
    jadi mereka bisa memulai semuanya dri awal seperti yg di inginkan DJ,
    misalnya DJ ingin dipenggil namany sendiri, bukan NAM DA JOENG SII, DJ ingin mereka makan bareng, nonton bareng, belanja bareng... dan Yool bisa ngantar DJ pulang k rmah dengan perasaan sedih ga mau ke pisah..
    endingnya itu kalau kata mba anis ga romantis tapi manis,,,
    (hehehe copas kata" spoiler mba anis)....
    kalau menurt ela,,
    di drama ini romantisnya itu lebih ke kata-kata, kebersamaan Kwon-Da Jung dari episode awal sampe episode akhir,,,
    nunggu drama LBS ahjussi masih lama lagi
    bakalan kangen ne....
    gomawwo ya mba buat sinopsisnya
    di tunggu sinopsis CSL nya...

    BalasHapus
  26. Emmm udh baca sinopsisnya dr kmrn, tpi bru pengin komen skrg. Bnr kata tmn2 diatas kalo kita nntn tanpa sub endingnya mengecewakan tapi kalo pake sub dan mereview kejadian2 dan kata2 yg diucapin pemain ending drama ini bagus. Ingat kata dajung pas yool minta kalo dajung pergi dia harus bilang dl sama yool? Dan di ending inilah dibuktikannya ucapan dajung itu,dia pamit dl ke yool kalo dia mau pergi... Love sama drama ini, mksh buat mba inda sama mba anis yg udh bkn sinopsisnya <3
    *Lia

    BalasHapus
  27. entah kenapa stlh tau endingnya aq agak deg2n mo baca sinopnya mba inda.. mba inda bakalan komen apa ya dg endingnya... jujur,butuh wktu bwt menata hati,menonton kembali dan akhirnya bs ngerti mksd dr endingnya...
    drama ini di korea sana munculin masalah perbedaan usia yg jauh pd tokoh utamanya.. krn itu qtga bs liat mrk kissing di ending mskpun happy ending...
    kata mrka diakhir itu sbnrnyamenunjukkan mrka memulai awal yg baru sprti kt da jung sblm pergi...
    mba inda dan mba anis mksh ya sinopnya...

    BalasHapus
  28. Kl emang munculin masalah... aturnnya jangn di pasangn dari awal ya... Kn namanya jg acting jd hars di lakoni... (kl gini g bisa ngarep sesn 2 donk..) Ya sudh lah terima aj toh dramany juga ud end... Biarpn ad yg kurng di akhir tapi tetp sweet koq... Mereka ketemu lg tux mulai hubungn... Makash ya mba" atas sinopny yang jelas dn dpt dimengerti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di korea sna sma kyk dsni yg menganggap 'aneh' hub beda usia.ini salah satu penyebab ratingnya jeblok..pdhl ngarep bgt mereka bikin lanjutannya"the president and i".. :p
      makanya mrka bikin endingnya sesopan mgkn.
      aq jg mikir gtu,knp klo memang di korea sna mempermaslahkan 'beda usia',dbikin jg dramanya???

      Hapus
  29. Mian..
    Aq sering baca sinopsis disini... so sweet banget mbak... makasi ya dah nulisin sinopsisnya dengan sweet... :D
    Endingnya bagus banget kan gantung tu ntar bisa jadi diminta movie nya tu mbak :D pasti laris tu... ntar movie nya ceritanya pm m da jung mulai pacaran sampe nikah...
    Pasti sweeeeeeeettttttttt banget movie nya dan ad man se nara m woo ri kan jadi jelas semuanya tu... :P

    BalasHapus
  30. Biasanya skrg lagi nntn PMAI tnpa sub :"(

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. ending yang membahagiakan utuk semuanya, menurut ku jabat tangan da jung pd ending ni maksudku kata katanya "sekarang, bisakah kita mulai" lebih kepada hubungan mereka, bukankah sblum da jung pergi dia mengatakan bhwa jk takdir m'pertemukan mreka kmbali mk da jung akn menggenggam tangan yool.
    mungkin jg bakaln ada season 2 hahaha "president and i" #ngarep

    BalasHapus
  33. Selama ini jadi silent reader... suka ketawa dan nangis sendiri kaya orang gila... makasih buat mbak inda yang udah nulis sinopsis ini dengan luarrr biasaa. ditunggu karya selanjutnya! semangat!

    BalasHapus
  34. endingnya koq gini ?
    truss anak" PM yg pngen ktmeu dajjung ???
    aaaaaargth kecewaku aku sm endingnya

    BalasHapus
  35. sependapat am mbak inda,, agak sedikit kecewa dengan endingnya yg cm jabat tngan aj,,:(,, tpi gk pp lah yang pentingnya pada akhirnya semuanya bahagia,, hehehe :D,, makasih bnyak buat mbak inda dan mbak anis buat sinopsisnya dari awal ampe akhir,, pokoknya keren bangeet lah,, daebaaakkk , hehehe :D ,,,

    BalasHapus
  36. Endingx kerasa aneh,, tapi lucu dan seru abiss. Tapi kok aku rasa perasaan jadi mau minta lanjut deh kalo ending kayak gini,, enaknya sih kalo ada season 2 kan lebih bgs dan pastinya semakin banyak yang tunggu kalo ada ya πŸ˜ΈπŸ˜ΈπŸ˜ΈπŸ˜’πŸ˜š

    BalasHapus
  37. Seperti yang udah diperkirakan waktu baca awal episode ini, endingnya berasa gmn gtu. tidak sesuai harapan...........

    BalasHapus
  38. salam kenal mbaakk... baru selesai ni baca episode terakhirnya yoona, walaupun rating drama ini tdk bagus (katanyaa..), tapi menurut saya ni drama bagus sekali, banyak hikmah dibalik cerita heheheee... senang akhirnya kwon yool dan nam da jung bertemu kembali, kok g ada romantic scene-nya ya di akhir episode? salam kenal sekali lagi buat mbak anis yaaa... untuk author pelangi drama juga,

    BalasHapus
  39. awalnya kynya enak banyak bunbunya,endingnya ky gk terjadi apa2 gtu,Aku baca eps 10-13 dicepet cepetin soalya pengen liat suho.Ksian Nara nangis 3 hari 3 malam,Blog ini bagus bangetzzz,aku baca dr jm 6 sore ampe jm 2 malem,sking dihayatin,good job thor

    BalasHapus
  40. gaasik lah endingnya-_- gregettzzz

    BalasHapus
  41. Pertama tertarik sama LBS dari drama Triangle bareng Im Siwan dan Kim Jaejoong. Kesan pertama kali liat LBS dia punya sosok yg beda dari yg lain. Meski usia tak lagi muda, tapi auranya dia memikat penonton banget .Dan didrama ini sisi karismatiknya benerbener keluar. Keren banget!!! Karakter seorang Prime Minister yg dingin kaya gini cocok sama doi..
    Emang terlalu berekspektasi lebih sama Endingnya .
    Tapi begitulah penulis skenario yg baik, mereka (mungkin) sengaja membuat akhir yg MENGGANTUNG , sehingga penontonya bisa berimajinasi dengan akhir yg diinginkan.. Mereka meninggalkan jejak dengan membiarkan penontonnya memilih sendiri bagaimana kelanjutan dari akhir yg bahagia ^.^

    BalasHapus
  42. Akting Yoona keren bgt ternyata, pantesan dia yg pling byak dramany dibanding dgn personil SNSD lainya, walau dr segi suara dia dianggap yg paling biasa tapi klo akting TOP markotop deh LBS Ajushi Juga keren bgt, baru kali ini liat aktingya. Walau agak terganggu dgn face nya yg sprtinya tlalu banyak *tindakan* tapi ketutupan dgn kharisma nya yg luar biasa. Endingnya bikin sedihhhh n rada sedikit maksa...di tengah kita udah terlarut dgn kehangatan hubungan diantara Yool n Da jung..Yool yg sudah menerima dia sbg istri sungguhan, yg berjanji tak akan membuat dia menangis lg dan menerima ayah mertuany dgn bgtu hangat, Da Jung jg bisa berubah menjadi wanita yg keibuan...tapi endingnya mrk harus brjlan masing2 lg dan jdi bgtu kaku..dan letak maksanya endingny dibuat seprti kebyakan drama lainya klo si pemeran wanitanya pergi dulu bbrp tahun, mcari jati diri dan kembali menjadi org yg hebat (disini dia jd penulis) tp drama ini mgkin ingin berpesan bahwa kawin kontrak it bkn sesuatu yg menyenangkan. ini lha risiko kawin kontrak sprti yg dikatakan Yool kpd In Ho..harus siap apapun yg terjadi termasuk berpisah. Baikny mrk bisa membangun hubungan kembali layakny pasanagn lainnya, berkenalan, jalan2, belanja bersama dan merasakan perasaan tidak ingin berpisah Kehangatan hubungan ini mmg luar biasa, terbukti dgn adany penghargaan best couple. Mau ngasih nilai 9..tp krn endingny gantung 8 aj deh..hehe Btw makasih admin buat sinopsisny...

    BalasHapus
  43. suka banget sama drama ini.. udah 4x tamat nonton drama ini.. pertama kali tamat kaget karna endingnya cuma salaman.. kenapa ga pelukan atau apa kek secara kisah cinta mereka kan sweet abis eh tau2 terpaksa berpisah sejenak karna keadaan.. nam da jung susah payah yakinin cintanya ke kwon yool, di saat kwon yool buka hati n lagi cinta2nya eh da jung mundur perlahan.. eh giliran kembali bersatu cuma jabat tangan aja.. hadeeh.. nyess.. berharap ada season ke 2nya.. klo sy punya dana banyak sy suruh penulisnya bikin cerita season 2 & yoona + lee beom soo syuting lg lanjutin "President And I".. hehehe *ngayal.. tapi Aamiin deh..

    BalasHapus
  44. I love this story....
    Happy....bikin nangis jg...ending ny bersambung x y

    BalasHapus
  45. Kemaren kangen sm pmai jd nonton/baca sinopnya lagi... klo ngomongin jarak umur, sebenernya di korea jarak umur itu diperhatiin gk sih? Soalnya istrinya LBS sendiri sm LBS beda umurnya lumayan jauh sekitar 15 thn..

    BalasHapus